Selasa, 04 September 2012

TEGAR PENGAMEN BERSUARA EMAS

Tegar hanyalah pengamen cilik yang hidup serba kekurangan. Keluarganya yang sedianya mendukung semua cita-cita Tegar, terhalang kondisi ekonomi yang cenderung pas-pasan.

Seusai mengamen, Tegar berlabuh pada sebuah rumah petak berukuran sekitar 4x6 meter. Di rumah itu,Tegar hidup bersama kedua orang tua dan tiga orang adiknya yang masih kecil-kecil.

Ibunya adalah seorang pengamen di kereta api di kawasan Stasiun Pegaden, sedangkan bapak tirinya hanyalah seorang buruh lepas. Hidup dengan serba keterbatasan, Tegar tetap komitmen dalam menyanyi dan menari. Semua dia pelajari secara autodidak. ”Saya sudah belajar menyanyi dari usia empat tahun,”kata Tegar yang mulai menjadi pengamen pada usia tujuh tahun itu.

Tegar tidak tahu seperti apa tangga nada, atau bahkan notasi yang biasa dia nyanyikan. Tapi, insting seni dalam menyanyi dan bermain musik membuat dia mampu bernyanyi. Menurut Tegar, bakatnya dalam menyanyi bisa jadi diturunkan dari sang ibu yang tak lain mantan sinden pada zamannya dulu. ”Ibu saya dulu seorang sinden. Mungkin bakat itu turun dari ibu saya,” ucapnya.

Meski begitu,Tegar mengaku sangat jarang diajari menyanyi oleh ibunya.Tapi bagi dia, warisan seni yang tertanam dalam diri sangatlah cukup untuk bekal kelak. Buktinya pada usianya yang belum mencapai 11 tahun,Tegar telah menciptakan beberapa lagu.

Satu buah lagu di antaranya berjudul "Temanku Ini Mabok Cinta", sebuah lagu yang agak berbau dewasa, namun cukup friendly untuk seukuran pengamen jalanan di Subang. Lagu ini juga yang membuat Tegar cukup dikenal masyarakat Indonesia.

Penampilannya yang di-upload di Youtube dengan keynote ”Tegar Si Pengamen Subang” telah disaksikan lebih dari 13.000 viewer pada akhir pekan kemarin. Rekor tertinggi terjadi pada minggu lalu, dari 8.000 viewer melonjak menjadi 13.000 dalam waktu sekitar empat hari.

Alfas Hermansyah, lelaki yang pertama kali mengikutkan Tegar pada kompetisi XL, optimistis atas masa depan bocah cilik ini. Suaranya yang merdu dan kemampuannya membuat lagu menjadi modal penting bagi dia meniti masa depan.

”Hidup di jalanan dari usia tujuh sampai 11 tahun cukup membuat dia memiliki mental kuat,” ungkap dia.

Saat ini, Alfas sedang berusaha membuat album kompilasi yang berisi lagulagu ciptaan Tegar dan lagu publik tanpa hak paten. Album tersebut akan dikomersialkan untuk keperluan pendidikan Tegar dan menopang ekonomi keluarganya.







”Bagaimana pun dia harus merasakan bangku pendidikan. Syukur- syukur hasil penjualan album itu bisa membantu ekonomi keluarganya,” ujar Alfas.    * lintasme

artikel yang sangat menyentuh bgt buat aku, dan ini salah satu video nya....



Dengerin ini sampek berkali2 dan tetep airmata aku g mau berhenti mengalir,,,, sesuatu bgt pokok nya. semoga Allah selalu melindungi dia. Dan semoga album nya nanti laku keras agar dia bisa meneruskan sekolah dan bisa mewujudkan cita2 nya menjadi seorang penyanyi terkenal. SEMANGAT TEGAR.....

19 komentar:

  1. shanty kok tahu silsilah kelaurga tegar dari mana? padahal saya saja baru tahu silsilah tegar waktu di trans 7 di acara bukan empat mata tanggal 30.10.2012 ..... wah santi keren tanggal 4 september udah tahu sosok tegar .... salam kenal dari blogger surabaya

    BalasHapus
  2. semangatyah.. tegar...... kamu gk kalah bedanya sama aku waktu kecil dulu sebelum mendapatkan orang tua angkat.....

    BalasHapus
  3. semangat dik tegar ,, smga albumnya tmbah bnyak ,,, jgan putus asa mnjlni hdup,,..

    BalasHapus
  4. sukses slalu buat tegar .... klo dah terkenal jangan sombong...

    BalasHapus
  5. semoga tegar slalu menjadi yg terbaik. .

    BalasHapus
  6. semoga kamu sukses tegar .. amin

    BalasHapus
  7. tegar super gero dari subang...:)

    BalasHapus
  8. Potret orang pinggiran yg tdk menyerah pd nasib

    Ciayo tegar,,,kamu hebat!

    BalasHapus
  9. ini orang juga lagunya enak gak sengaja ene liat
    tapi ene gak tau band dari mana ne org
    coba pada liat dech gan http://www.youtube.com/channel/UCQZ-ZY8j2NOkUinx9vohtIQ/videos

    BalasHapus
  10. Semoga tegar dapat menjadi inspirasi buat kita semua
    tuk selalu tegar dan pantang menyerah

    BalasHapus
  11. Aku pertama kali lihat tegar acara pas mantap trans tv,haru..kagum..bangga campur aduk ga bs diungkapkan dgn kata2.lanjutkan tegar

    BalasHapus
  12. tegar walaupun cuma pengamen jalanan tp dia dengan ikhlas membantu keluarganya

    BalasHapus
  13. aduh.. ga tahan pngn nangis pas td liat di spektakuler trans tv.. ga nyangka seorang pengamen bs jd terkenal sesuai sm cita2nya, Allah maha mengetahui :)

    BalasHapus
  14. tegar si cilik bersuara emas,, hebat anugerah Ilahi padamu,moga adik tegar terus maju dan sentiasa ingat asal walaupun udah berjaya,,amin

    BalasHapus
  15. congratulation tegar......sukses selalu dan terus bersyukur ya.. :-)

    BalasHapus
  16. tegar, sukses selalu buat kamu ya nak...kelak egkau selalu dijauhkan allah dari hal2 yg buruk, dan dihindarkan dari orang2 yg igin memanfaatkan kamu....semoga kebaikan dan kesuksesan terus menyertaimu.....tetap semangat, selalu kuat dan tegar seperti namamu ya nak...bravo tegar..

    BalasHapus
  17. Tahniah...tegar semoga berjaya...di sini pun lagu kamu diminati

    BalasHapus